Kantor Kecamatan Simpang Katis Raih ISO 9001:2015

on .

Simpang Katis – Kantor Kecamatan Simpang Katis Kabupaten Bangka Tengah meraih ISO 9001:2015 dari Sucofindo. Sertifikat diserahkan secara langsung oleh perwakilan PT. Sucofindo kepada Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Tengah, Drs. Sugianto di Gedung Serba Guna Kecamatan Simpang Katis, (Rabu/15/12/2016). Selanjutnya, sertifikat tersebut diserahkan kepada Camat Simpang Katis, H. Sopyan, S. Ag.

Dikutip dari wikipedia, ISO 9001 merupakan standar internasional di bidang sistem manajemen mutu (SMM). Suatu lembaga/organisasi yang telah mendapatkan akreditasi (pengakuan dari pihak lain yang independen) ISO tersebut, dapat dikatakan telah memenuhi persyaratan internasional dalam hal manajemen penjaminan mutu produk/jasa yang dihasilkannya.

Drs. Sugianto dalam sambutannya mewakili Plt Bupati sekaligus Wakil Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh mengapresiasi atas pelayanan yang telah diterapkan oleh Kantor Kecamatan Simpang Katis sehingga layak mendapatkan sertifikat Sistem Managemen Mutu (SMM) SNI ISO 9001:2015.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten mengucapkan selamat atas diraihnya penghargaan SNI ISO. Khusus Simpang Katis yang hari ini dapat sertifikat ISO yang merupakan standar mutu bagi aparatur, dengan adanya standarisasi ini bukan berarti hanya sebatas dapat penghargaan saja, tetapi bagaimana bentuk pelayanan-pelayanan itu diterapkan,” Kata Sugianto.

Pelayanan yang telah diterapkan tadi, kata Sugianto, akan terus di evaluasi setiap tahun, sehingga masyarakat dapat terus dilayani dengan baik di masa depan.

“Keberhasilan hari ini menjadi tantangan ke depan untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang lebih baik lagi. Saya yakin, masyarakat Simpang Katis adalah golongan orang-orang yang tidak mau merugi, hari ini harus lebih baik dari hari kemarin, hari esok harus lebih baik dari hari ini,” lanjut Sugianto.

Selain mendapatkan sertifikat SMM ISO 9001:2015, pada hari ini juga Kecamatan Simpang Katis melaunching pelayanan elektronik (e-pelayanan). E-pelayanan merupakan salah satu bentuk penerapan teknologi informasi di bidang pelayanan masyarakat.

“Sejalan dengan launching desa cerdas di Desa Pinang Sebatang beberapa waktu yang lalu, Kecamatan Simpang Katis telah melakukan aksi nyata dengan melaunching e-pelayanan ini. Khusus di Kecamatan Simpang Katis, kami sangat bangga karna memang sudah tuntutan masyarakat, pelayanan dan keadaan yang dibutuhkan serba cepat, akurat dan benar, dengan adanya aplikasi ini memperpendek waktu pelayanan dan bisa memperbanyak waktu masyarakat untuk mengurus hal-hal lain untuk meningkatkan kesejahteraan,”terangnya.

“Bukan berarti persyaratan-persyaratan yang diharuskan ada kemudian di tinggalkan. Walaupun berbentuk e-pelayanan, dokumen-dokumen pendukung merupakan landasan aturan bagi pelayanan di tingkat kecamatan,” lanjutnya.

Camat Simpang Katis, H. Sopyan, S. Ag mengatakan aplikasi e-pelayanan ditujukan semata-mata untuk melayani masyarakat.

“dengan adanya aplikasi ini, masyarakat tidak perlu datang ke kantor camat untuk mengurus keperluannya, lewat aplikasi ini masyarakat tinggal memilih pelayanan yang sesuai dengan keperluannya. Ini merupakan sedikit bentuk pelayanan kepada masyarakat, mudah-mudahan masyarakat dapat dipermudah dengan adanya aplikasi ini,” harapnya.

Hadir dalam acara tersebut, Perwakilan Polsek simpang Katis,Perwakilan OPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Camat se-Kabupaten Bangka Tengah, Kades berserta perangkat Desa serta tamu undangan lainnya.

 

  • Sumber : Kominfo Bangka Tengah
  • Foto/Berita : Abdul Nazir, A.Md
  • Editor : Agustiar