MusCab PMI Kabupaten Bangka Tengah

on .

Koba - Muscab PMI Bangka Tengah Tanggal 27 April 2017 dibuka oleh Bupati Bangka Tengah dengan ini disampaikan oleh Asisten II Ir Heru Irianto, MM. Dalam hal ini beliau menyampaikan “Mari Kita Mewujudkan PMI yang berkarakter dan kontribusi nyata pada pembangunan masyarakat”.

Disamping itu beliau juga memberikan apresiasi atas kinerja pengurus PMI selama ini dalam mengamankan stock darah di Kabupaten Bangka Tengah, selain itu beliau juga menginginkan agar PMI terus menkontribusi kepada masyarakat melalui kegiatan kemanusiaan seperti : Donor darah, menjalankan kelompok baru/anak SMA sebagai PMR, melakukan pelatihan PMR, bulan bakti PMI untuk penggalangan dana, dan penanggulangan bencana.

Selanjutnya kata sambutan ketua PMI Kabupaten Bangka Tengah yang disampaikan oleh Melati Erzaldi Rosman Djohan, Muscab acara rutin setiap 5 tahun yang diselenggarakan untuk menilai tingkat capaian kinerja PMI, yang selanjutnya dapat revisi dalam rancanangan pokok PMI.

Tujuan musyawarah ini adalah menilai pertanggung jawaban pengurus PMI Bateng masa bakti 2011 – 2016, menyusun dan menetapkan pokok – pokok kebijakan serta mencanangkan PMI Bangka Tengah 2016 – 2021 dengan maksud dapat meningkatkan kinerja PMI, Visi PMI  yang berkarakter, profesional, mandiri dan dicintai masyarakat, serta pemilihan pengurus baru tahun 2016 – 2021.

Peserta anggota PMI berjumlah 40 orang terdiri unsur PMI Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, staf, pengurus kabupaten Bangka Tengah dan pengurus PMI Kecamatan – kecamatan yang ada di Bangka Tengah, para pembina KSRI, PMR, OPD Bangka Tengah.

PMI merupakan organisasi sosial masyarakat yang semi pemerintah mempunyai tugas dan tanggung jawab, memberikan bantuan yang membutuhkan, serta mempunyai tujuh prinsip : Kemanusiaan , Kesamaan, Kesatuan, Kesukarelaan, Kesemestaan, Kemandirian, dan Kenetralan.

PMI Bangka Tengah mendapatkan dana nibah dari Pemda sebesar Rp 100.000.000,00 hingga Rp 125.000.000,00 dengan total Rp 560.000.000,00 itu terbagi 5 tahun untuk capaian.

Visi PMI  yang berkarakter, profesional, mandiri dan dicintai masyarakat, Misi yang ditetapkan PMI Bangka Tengah adalah Pelaksanaan bulan dana Bangka Tengah, pelatihan KSR dan KSL, pelatihan PMI Bangka Tengah, Pengembangan PKK tingkat viral Bangka Tengah, Pelayanan pencanangan bencana, dan Pelayanan kesehatan dan sosial.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemilihan Ketua PMI Bangka Tengah periode tahun 2016 – 2021 yang tetap diketuai oleh Ibu Melati Erzaldi.

 

Sumber : (Kominfo Bangka Tengah)

Penulis : Elywati

Foto     : Septian Dwi Primayoga, A.Md