Pemkab Bantu Ponpes 10 Ribu Bibit Ikan

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membantu sebanyak 10 ribu bibit ikan nila kepada Pondok Pesantren Nurul Huda di Kecamatan Sungaiselan yang saat ini sedang menggalakkan pembudidayaan ikan air tawar.

Plt Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Jumat, mengatakan pemberian bibit ikan nila gratis itu sebagai bentuk dukungan pemerintah terhadap perekonomian masyarakat di sektor perikanan. "Sekarang ini pemerintah daerah terus mendorong pengembangkan ekonomi kerakyatan sesuai dengan potensi dan usaha yang sedang digeluti masyarakat baik secara pribadi maupun kelompok," ujarnya.

Ia mengatakan, bantuan bibit ikan nila kepada Pondok Pesantren Nurul Huda tersebut sebagai stimulan agar mereka lebih semangat dan termotivasi mengembangkan usaha pembudidayaan ikan air tawar. "Sekarang ini saya dengar prospek ikan air tawar sudah cukup bagus seiring tingginya permintaan masyarakat, kalau dulu orang hanya kenal dengan ikan laut sekarang ikan air tawar juga banyak dikonsumsi masyarakat," ujarnya.

Ia juga mengharapkan masyarakat dapat terus berinovasi mengembangkan usaha kecil menengah sesuai dengan potensi yang ada di setiap desa sehingga sumber ekonomi tidak hanya selalu bergantung dengan timah. "Selama ini sektor pertambangan bijih timah menjadi pilihan utama masyarakat untuk meningkatkan perekonomian, namun sekarang produksi timah sudah jauh berkurang maka masyarakat harus didorong untuk mengembangkan ekonomi alternatif," ujarnya.

Ke depan kata dia pemerintah daerah akan mengembangkan ekonomi pedesaan sesuai dengan karakteristik dan potensi yanga di desa tersebut. "Masyarakat juga harus lebih kreatif dan inovatif serta lebih jeli melihat peluang ekonomi," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)