Bupati: Nelayan Harus Mandiri dan Sejahtera

on .

Koba - Plt Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan para nelayan di daerah itu harus mandiri dan sejahtera dengan membenahi alat tangkap untuk meningkatkan produksi ikan. "Nelayan harus mandiri dan sejahtera, pemerintah terus mendorong melalui dana APBD dan bantuan peralatan penunjang untuk melaut," katanya di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, peran koperasi juga tidak kalah penting untuk membantu nelayan disamping pembinaan dalam kelompok dan mengembangkan produk makanan berbahan baku ikan. "Kami dari pemerintah daerah tentu memberikan dukungan penuh keberadaan koperasi khusus para nelayan karena melalui koperasi mereka bisa melakukan kegiatan simpan pinjam serta modal selama melaut," ujarnya.

Menurut dia, untuk mendongkrak perekonomian para nelayan harus dimulai dari nelayan itu sendiri sementara pemerintah hanya bersifat memberikan dorongan dan bantuan dalam bentuk stimulan saja. "Setelah itu tentu nelayan harus mampu mandiri dan berkembang untuk meningkatkan kesejahteraan mereka karena saat ini perhatian terhadap nelayan sudah tinggi mulai dari pemberian kartu nelayan, premi asuransi, bantuan kelompok dan mendukung pendirian koperasi nelayan," ujarnya.

Bantuan alat tangkap kata dia juga terus digulirkan di antaranya bantuan kapal agar daya jelajah melaut lebih jauh ke tengah untuk mendapatkan hasil yang lebih baik, juga bantuan peralatan tangkap lainnya. "Semua bantuan tersebut kami harapkan dapat dimanfaatkan dengan baik karena tujuan pemerintah agar produksi ikan meningkat dan kesejahteraan nelayan lebih baik," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)