Pemkab Bangka Tengah Bangun Gudang Penyimpanan Ikan

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung berencana membangun gudang penyimpanan ikan (cold storage) berkapasitas 200 ton. "Gudang penyimpanan ikan dengan temperatur dingin rendah ini rencananya akan dibangun di Desa Kurau. Sudah kami usulkan kepada kementerian terkait dan sekarang menunggu tim yang akan melakukan peninjauan ke lapangan," kata Kepala Dinas Perikanan Kabuppaten Bangka Tengah, Dedi Muchdiyat di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, gudang penyimpanan ini dibangun untuk mengontrol ketersediaan ikan di daerah itu sekaligus menstabilkan harga di pasar yang selama ini cenderung naik terutama saat produksi menurun karena gelombang perairan tinggi. "Dengan adanya gudang pendingin atau penyimpanan ikan ini maka harga ikan bisa lebih stabil karena ikan yang disimpan di gudang akan dilepas ke pasar dengan harga jauh lebih rendah," ujarnya.

Ia juga mengatakan, manfaat lain dari pembangunan gudang penyimpanan ikan ini adalah untuk menekan inflasi yang selama ini cenderung tinggi di sektor perikanan seiring tingginya tingkat konsumsi dan harga ikan. "Ini akan menguntungkan nelayan dan pengelola industri perikanan karena ikan yang dikeluarkan dari gudang tetap segar kendati disimpan dalam waktu lama, sementara harga jual lebih terjangkau," ujarnya.

Menurut dia awalnya pemerintah daerah berencana membangun dua cold storage namun baru satu yang mendapat sinyal positif dari kementerian terkait. "Rencana pembangunan gudang ini sejauh ini mendapat respons positif dari pusat, mengenai kapan akan dibangun kami masih menunggu tim yang akan turun ke daerah," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)