Pemkab Bangka Tengah Fokus Kembangkan Ekonomi Kerakyatan

on .

Koba - Sekretaris Daerah Pemkab Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Sugianto mengatakan pemerintah daerah mulai fokus mengembangkan ekonomi kerakyatan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. "Dalam beberapa tahun belakangan perekonomian masyarakat di daerah ini terus melemah karena berbagai sebab, maka kami fokus mengembangkan sektor ekonomi kerakyatan yang menurut kami mampu menggerakkan roda perekonomian masyarakat," katanya di Koba, Kamis.

Ia menjelaskan, pemerintah daerah terus mendorong masyarakat yang sudah merintis usaha ekonomi kreatif di antaranya produk kuliner, souvenir dan produk lainnya. "Contohnya saat ini jeruk kunci, serai wangi dan teh gaharu sudah berhasil dikembangkan sebagai produk kreatif bernilai ekonomis cukup tinggi," ujarnya.

Pihaknya menyadari merosotnya perekonomian masyarakat karena tidak seimbangnya antara kebutuhan dan pendapatan masyarakat sehingga terjadi degredasi ekonomi. "Sementara lapangan pekerjaan juga belum begitu mampu menampung para pencari kerja, maka produk ekonomi kreatif sangat strategis untuk menjaga stabilitas ekonomi kerakyatan," ujarnya.

Ia mengatakan, sektor ekonomi kerakyatan mampu menyerap banyak tenaga kerja dan kondisi itu mampu mendorong percepatan pertumbuhan ekonomi terutama bagi masyarakat yang tinggal di pedesaan. "Namun pengembangan sektor ekonomi kerakyatan masih terdapat kendala karena budaya masyarakat dan pola pikir yang salah menyikapi kondisi yang ada," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)