Pemkab Bangka Tengah Sediakan 6.000 Paket Sembako

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung menyediakan 6.000 paket sembilan bahan pokok (sembako) dengan harga lebih murah dibanding harga pasar, untuk mengantisipasi melonjaknya harga menjelang Ramadhan dan Lebaran 2017. "Ini memang program kami setiap tahun untuk menekan tingginya harga sembilan bahan pokok dalam Ramadhan dan menjelang Lebaran, sehingga sulit dijangkau konsumen," kata Kepala Dinas Perindustrian, Perdagangan dan Koperasi Bangka Tengah, Useng Komara di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan paket sembako yang disediakan terdiri beras, minyak goreng dan gula dengan harga satu paket sebesar Rp40.000 atau jauh lebih murah dibanding harga pasar. "Penjualan sembilan bahan pokok murah itu dilakukan pada beberapa titik, jika harga kebutuhan sudah melonjak tajam yang mengakibatkan kebutuhan rumah tangga warga juga meningkat tajam," ujarnya.

Ia mengatakan paket kebutuhan pokok itu hanya diperuntukkan bagi warga yang kurang mampu yang datanya sudah ada dikeluarkan pihak kecamatan, kelurahan dan desa sehingga komoditi pokok itu benar-benar untuk mereka yang membutuhkan. "Dalam beberapa tahun terakhir kami selalu menggelar operasi pasar murah dengan menjual barang kebutuhan pokok murah, hasilnya sesuai tujuan kami yaitu mampu menekan harga pasar dan membantu warga kurang mampu," ujarnya.

Ia mengatakan selain dari Pemkab Bangka Tengah bantuan sembilan bahan pokok murah itu juga dari Pemerintah Provinsi Bangka Belitung dalam rangka meringankan beban mayarakat kurang mampu terhadap komoditi pokok dalam Ramadhan dan menjelang Lebaran. "Kami juga rutin menurunkan tim ke lapangan untuk terus memantau kondisi harga kebutuhan pokok, terutama terkait harga, praktik penimbunan dan ketersediaan stok," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)