PLT Bupati Bangka Tengah Inspeksi Mendadak Ke OPD

on .

Koba - Plt Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh melakukan inspeksi mendadak ke sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD) usai libur panjang Idul Fitri 1428 Hijriyah. "Inspeksi mendadak ini kami lakukan untuk memastikan aparatur sipil negara masuk kerja dan tidak menambah hari libur," ujarnya di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, ASN yang tidak masuk tanpa alasan yang jelas misalnya sakit dan mengambil jatah cuti akan dikenakan sanksi sesuai aturan berlaku. "Kalau ada pegawai yang bolos dan tidak masuk kerja atau menambah hari libur, kami akan jatuhkan sanksi tegas," ujarnya.

Ia mengatakan, tidak ada alasan bagi pegawai tidak masuk kerja karena sudah diberikan waktu libur yang cukup panjang selama Idul Fitri. "Sanksi kami berikan kepada pegawai yang tidak masuk tanpa ada keterangan, kecuali sakit memang tidak bisa dipaksakan tetapi harus disertai surat keterangan sakit," ujarnya.

Ia mengatakan, Pemkab Bangka Tengah sengaja menggelar kegiatan Halal Bihalal yang sekaligus mengecek kehadiran aparatur sipil negara. "Memang terdapat beberapa pegawai yang tidak hadir maka kami minta kepala OPD memastikan apa alasan pegawai tersebut tidak masuk," ujarnya.

Mestinya kata dia aparatur sipil negara lebih bersemangat masuk kerja usai libur panjang, bukan sebaliknya terlena dan menambah hari libur. "Etos kerja harus ditingkatkan usai libur panjang, bukan sebaliknya membuat mereka malas-malasan bekerja sebagai abdi negara," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)