Pemkab Bangka Tengah Siapkan Rencana Induk Pelabuhan

on .

Koba - Pemerintah Kabupatan Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyiapkan rencana induk pembangunan pelabuhan internasional di Tanjung Berikat, Kecamatan Lubuk Besar. "'Master plan' untuk persiapan pembangunan pelabuhan internasional tersebut sudah ada, tinggal analisis mengenai dampak lingkunganya masih dalam proses," kata Plt Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, pelabuhan internasional tersebut akan berada di kawasan seluas 7.000 hektare, tetapi lahannya masih berstatus hutan lindung. "Makanya status lahan harus diubah yang diurus ke kementerian terkait yang selanjutnya dikelola pihak Pemkab Bangka Tengah," ujarnya.

Ia menjelaskan, lahan tersebut masuk RTRW Provinsi Babel dan proses pengurusan izin kelola memang sangat panjang yang dimulai sejak zaman bupati sebelumnya hingga sekarang. "Rencana pembangunan pelabuhan internasional di Tanjung Berikat sudah masuk dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) Tahun 2017 dan Pemkab Bangka Tengah menargetkan peletakan batu pertama pada 2018," ujarnya.

Ia mengatakan, pelabuhan internasional tersebut untuk pelabuhan penumpang, barang, dan lainnya. Ibnu optimistis kehadiran pelabuhan tersebut akan mempercepat pertumbuhan ekonomi daerah. "Jika pelabuhan internasional Tanjung Berikat terwujud, maka perekonomian daerah tumbuh dengan cepat karena berdampak terhadap sektor unggulan lainnya," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)