Bupati Bangka Tengah Dukung Penambangan Rakyat

on .

Koba - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mendukung penambangan bijih timah rakyat sepanjang dilakukan secara legal dan sesuai aturan yang berlaku. "Silahkan masyarakat menambang tetapi dengan catatan itu dilakukan dengan benar dan sesuai aturan yang berlaku, tidak di kawasan hutan terlarang dan merusak lingkungan," katanya di Koba, Senin.

Ibnu mengatakan itu menyikapi pertemuan antara Kepala Desa Tanjung Gunung dengan sejumlah pengusaha timah di daerah itu dan dalam pertemuan tersebut mengusulkan penambangan bijih timah legal dengan sistem ponton isap produksi (PIP).

Ia mengatakan, pengusulan WPR harus melalui mekanisme yang sangat panjang dan membutuhkan waktu yang lama sementara masyarakat tidak bisa dibendung melakukan penambangan di beberapa kawasan. "Jika menunggu WPR, baru masyarakat mulai menambang kelamaan, keduluan cadangan timahnya habis. Kalau ada aturannya dan legal, kenapa tidak dilakukan sekarang," ujarnya.

Hanya saja kata Ibnu, masyarakat harus menyiapkan rencana pasca tambang berupa reklamasi dan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah siap mendukung proses perizinannya. "Masyarakat tidak bisa hanya menambang saja, tetapi tetap merencanakan kegiatan pasca tambang karena kondisi lahan tambang saat ini memang memperihatinkan akibat dijarah habis-habisan oleh penambang liar," ujarnya.

Ia mengatakan, kondisi saat ini pemerintah daerah tidak dapet apa-apa kecuali lahan bekas tambang yang sudah tidak produktif lagi dan hutan yang rusak akibat ditambang secara liar. "Regulasi dunia pertambangan timah di daerah ini memang harus diperbaiki agar timah bisa ditambang tanpa melanggar aturan, terutama masyarakat bisa menambang secara legal," ujarnya.

 

Sumber (Antar News)