Pemkab Bangka Tengah Membuat Aplikasi Pengaduan "ONLINE"

on .

Kob - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, membuat aplikasi pengaduan masyarakat secara online untuk mempermudah menampung aspirasi tanpa terkendala ruang dan waktu. "Aplikasi tersebut kami beri nama 'Laporan Aspirasi dan Pengaduan Online Rakyat Sebagai Sistem Pengelolaan Pengaduan Pelayanan Publik Nasional' (LAPOR-SP4N)," kata Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, aplikasi tersebut akan dikelola penuh oleh Bagian Humas dan Protokoler sebagai akses dan penghubung antara pemerintah dengan masyarakat yang terus dipantau dan ditindak lanjuti setiap saat. "Aplikasi tersebut akan langsung dikelolah Bagian Humas dan Protokoler dan masukan ataupun aduan dari masyarkat langsung dapat direspon serta ditindak lanjuti," katanya.

Ia mengatakan, aplikasi tersebut juga bisa sebagai media bagi masyarakat untuk memberikan kritikan yang konstruktif untuk peningkatan pembangunan daerah ke depan. "Dengan adanya aplikasi ini kami lebih cepat mengatahui apa yang menjadi keinginan masyarakat pada setiap pelosok desa di daerah ini dan pemerintah daerah tentu segera menindaklanjutinya," ujarnya.

Ia mengatakan, semua laporan masyarakat akan direspon oleh organisasi perangkat daerah terkait sesuai dengan tupoksinya masing-masing dan OPD harus menyiapkan apa yang dibutuhkan warga. "Aplikasi pengaduan online ini untuk memudahkan pemerintah daerah dan masyarakat karena tidak perlu mengadakan pertemuan tertentu untuk menyerap aspirasi masyarakat," ujarnya.

Aplikasi tersebut kata dia juga bagian dari merealisasikan program smart city yang sudah dicanangkan Pemkab Bangka Tengah beberapa waktu lalu. "Dengan adanya aplikasi ini tentu kami minta kepada kepala OPD lebih responsif terhadap semua pengaduan dan kritikan masyarakat terhadap pemerintah daerah," ujarnya.

 

Sumber (Antara News)