Pemkab Usulkan Hutan Madu Kelulut Jadi HKM

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengusulkan kawasan hutan yang menjadi tempat penangkaran madu lebah kelulut menjadi Hutan Kemasyarakatan (HKm) karena memiliki potensi ekonomi dan pariwisata. "Sekarang kawasan hutan tempat pembudidayaan madu kelulut itu sudah kami usulkan untuk diubah statusnya menjadi HKm, saat ini sedang dalam proses," Kepala Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah, Ali Imron di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, mekanisme pengajuan HKm tersebut adalah dengan mengajukan proposal melalui Pemprov Bangka Belitung, kemudian dilakukan verifikasi dan peninjauan langsung terhadap kondisi hutan. "Ada sekitar 200 hektare hutan madu kelulut di Desa Lubuk Lingkuk, Kecamatan Lubuk Besar kami usulkan ke kementerian terkait untuk dijadikan HKm karena potensi dan luas hutan sangat memungkinkan," ujar dia.

Ia mengatakan, jika kementerian terkait sudah mengesahkan dan menetapkan kawasan hutan yang diusulkan menjadi HKm maka hutan tersebut sepenuhnya dikelola oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok. "HKm ini harus dikelola oleh masyarakat yang tergabung dalam kelompok dan legalitas kelompok benar-benar diakui, kecuali HTR memang memang dikelola oleh invidu dengan batasan-batasan tertentu," katanya.

Menurut dia, hutan kemasyarakatan ini bagian dari upaya mengajak masyarakat melestarikan alam dan menjaga ekosistem yang ada di dalam hutan tersebut. "Pada intinya HKm ini merupakan upaya pelestarian hutan dengan melibatkan masyarakat, semakin luas hutan kemasyarakat maka semakin luas pula kawasan hutan yang bisa dilestarikan," katanya.

 

Sumber (Antara News)