Pemkab Ingatkan Penambang Jangan Rambah Lahan TPA

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengeluarkan peringatan keras kepada para penambang bijih timah yang merambah lahan tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di Simpang Jongkong, Kecamatan Koba. "Sejauh ini para penambang sudah keluar dari lokasi TPA, namun kami tentu memberikan peringatan jika kembali beraktivitas maka tidak menutup kemungkinan ditindak tegas melalui jalur hukum," kata Kepala Satpol PP Bangka Tengah, Mulyanto di Koba, Senin.

Ia menegaskan hal itu menyikapi penemuan beberapa unit alat berat yang beroperasi di TPA yang merupakan kawasan dan aset milik pemerintah daerah. "Beberapa hari lalu sudah kami tertibkan dan mereka sudah mengeluarkan alat dari lokasi. Kalau berdasarkan titik koordinat memang masuk kawasan TPA," kata Mulyanto.

Namun demikian pihaknya tetap berkoordinasi dengan Dinas Lingkungan Hidup Bangka Tengah untuk memastikan secara legalitas apakah itu benar-benar masuk kawasan TPA. "Kalau secara legalitas formal masuk kawasan TPA, maka ini memudahkan kami untuk melakukan tindakan lebih tegas jika kembali menambang di lokasi tersebut," katanya.

Menurut dia pada prinsipnya pihaknya melakukan penertiban dan pencegahan untuk mengamankan aset milik pemerintah dari pengrusakan oknum tertentu. "Kalau ternyata tetap membandel tentu kami berkoordinasi dengan pihak kepolisian untuk ditindak secara tegas melalui jalur hukum," katanya.

 

Sumber (Antara News)