Pemkab Bangka Tengah Imbau Warga Waspadai Bencana

on .

Koba - Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengingatkan warga untuk mewaspadai bencana alam banjir, menyusul kondisi cuaca yang sudah memasuki musim penghujan di daerah itu. "Sekarang hingga awal tahun nanti berdasarkan pengalaman memasuki musim penghujan dengan kondisi cuaca cukup ekstrem, maka kami ingatkan warga untuk mewaspadai bencana banjir," kata Kepala Bidang Penanggulangan Bencana pada Satpol PP Bangka Tengah, Yufajri di Koba, Senin.

Ia menjelaskan, praktis seluruh atau enam kecamatan di daerah itu adalah rawan banjir apabila terjadi hujan dengan intensitas tinggi karena ada banyak sungai yang melintasi sejumlah perkampungan dan akses jalan yang menghubungkan antar kecamatan. "Semua kecamatan rawan banjir, maka kami selalu mengingatkan kepada masyarakat untuk tetap waspada dan melakukan antisipasi dini terhadap musibah banjir dengan tidak membuang sampah pada bandar atau drainase dan bergotong royong membersihkan selokan di depan rumah masing-masing," katanya.

Ia mengatakan, petugas penanggulangan bencana selalu siaga dan siap diterjunkan ke lokasi bencana untuk melakukan evakuasi terhadap korban yang tertimpa bencana dan bahkan menempatkan personel pada setiap kecamatan. "Kendati jumlah personel terbatas yaitu hanya sebanyak 15 orang namun kami yakin dan percaya mereka sudah terlatih dalam bertindak saat darurat. Kami juga memiliki peralatan yang terbatas, namun tidak menghalangi tugas tanggap darurat," katanya.

Pihaknya juga sudah menggencarkan sosialisasi tentang penanganan bencana alam kepada masyarakat setiap kecamatan dengan harapan mereka bisa harus bertindak seperti apa saat bencana itu datang melanda. "Yang namanya bencana alam memang tidak bisa diprediksi kapan datangnya, namun harus belajar dengan pengalaman dan melihat kondisi alam serta selalu meningkatkan kewaspadaan," katanya.

 

Sumber (Antara News)