Seluruh SMP Di Bangka Tengah Ikuti UNBK

on .

Koba - Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung memastikan pada 2018 seluruh SMP/MTs di daerah itu sudah bisa melaksanakan ujian nasional berbasis komputer (UNBK). "Tercatat 22 SMP negeri dan tujuh SMP/MTs swasta yang siap menggelar UNBK yang akan diselenggarakan mulai 23 April 2018 nanti dengan total peserta sebanyak 2.755 pelajar," kata Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bangka Tengah, Iskandar di Koba, Selasa.

Kendati sejauh ini uji coba belum menggunakan internet atau masih manual, namun pihaknya yakin siswa sudah menguasai dan paham sehingga tidak canggung lagi saat nanti UNBK digelar. Pada 2019 pihaknya baru akan menggelar uji coba dengan langsung menggunakan komputer atau simulasi seperti mengikuti UNBK yang sebenarnya agar siswa benar-benar paham dan tidak ada kesalahan dalam menggunakan aplikasi serta perangkat komputer. "Tentu kami tidak menginginkan ada anak yang nilainya jauh di bawah standar atau target kami, setidaknya di atas rata-rata untuk memperbaiki ranking ujian nasional tingkat provinsi," ujarnya.

Ia mengatakan UNBK tidak menentukan kelulusan melainkan hanya dimaksudkan untuk pemetaan mutu pendidikan saja karena yang menentukan kelulusan itu adalah UASBN. Kendati demikian, Iskandar mengingatkan agar para guru harus benar-benar objektif memberi penilaian kepada anak didiknya dan tetap berpatokan pada standar nasional. "Jangan guru beranggapan UNBK bukan penentu, terus tidak melakukan persiapan yang matang bagi anak yang akan mengikutinya," katanya.

 

Sumber (Antara News)