Bupati: Kualitas Pemilu Bangka Tengah Sudah Baik

on .

Koba - Bupati Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Ibnu Saleh mengatakan, kualitas pemilu di daerah itu sudah cukup baik kendati angka partisipasi pemilih masih rendah. "Kalau angka partisipasi masih di bawah angka target nasional, namun secara kualitas pemilu di daerah ini sudah berjalan cukup baik," katanya di Koba, Rabu.

Ia menjelaskan, pemilu berkualitas di Bangka Tengah ditunjukkan dengan terciptanya pesta demokrasi yang aman dan damai serta minim pelanggaran. "Bicara partisipasi tentu bukan hanya ditentukan oleh jumlah partisipasi agar terhindar dari zona kritis sesuai yang ditentukan berdasarkan standar internasional sebesar 70 persen dari jumlah pemilih di suatu negara," katanya.

Namun demikian, kata dia, kepemiluan juga berbicara kualitas dan di antara indikatornya adalah kesukarelaan pemilih dalam mengikuti pemilihan langsung. "Warga Bangka Tengah berpartisipasi berdasarkan atas kesadaran dan tanggung jawab sebagai warga negara yang baik serta tetap menjaga kedamaian," katanya.

Makanya kata Ibnu, untuk menuntun masyarakat supaya menjadi pemilih yang sukarela, mandiri, rasional, cerdas, diperlukan pengetahuan dan ditumbuhkan kesadaran politiknya. "Ini pentingnya penyelenggaraan pendidikan pemilih. Menyelenggarakan pendidikan pemilih adalah tanggung jawab semua elemen bangsa, penyelenggara pemilu, partai politik, pemerintah, perguruan tinggi dan organisasi masyarakat sipil," katanya

 

Sumber (Antara News)