Dindik Imbau Orang Tua Dampingi Anak

on .

Koba - Dinas Pendidikan (Disdik) kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung mengimbau para orang tua mendamping anaknya pada hari pertama masuk sekolah. "Kami sudah menyampaikan kepada pihak sekolah agar mengimbau kepada orang tua dapat mendampingi anak meraka pada hari pertama masuk sekolah," kata Sekretaris Disdik kabupaten Bangka Tengah, M Yusuf, di Koba, Jumat.

Ia menjelaskan, pada 9 Juli 2018 merupakan hari pertama siswa baru masuk sekolah sehingga para orang tua wajib mendampingi di hari pertama sesuai Permendikbud No. 30 Tahun 2017. "Aturan ini sudah dilaksanakan pada tiga tahun terakhir. Tujuannya untuk mendekatkan orang tua dengan sekolah, memperoleh informasi tentang program pengenalan lingkungan sekolah bagi siswa baru, informasi tentang program intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler, serta tata tertib sekolah," ujar Yusuf.

Para orang tua diharapkan saling berkenalan, bertukar nomor kontak, membentuk paguyuban orang tua, serta menyepakati teknis komunikasi antara orang tua dan pihak sekolah (wali kelas). Selain itu, diharapkan dapat tercipta suasana ramah, aman dan nyaman, dimulai dengan serangkaian program pengenalan lingkungan sekolah.

Menurut dia, mendampingi anak pada hari pertama masuk sekolah tidak akan mengganggu aktivitas para orang tua karena hanya satu hari saja. "Para orang tua yang bekerja di perusahaan diharapkan dispensasi dari pimpinan dan bagi ASN tentu sudah diberikan toleransi atau izin dari kepala OPD untuk mendampingi anaknya masuk sekolah di hari pertama," kata Yusuf.

 

Sumber (Antara News)