Home Berita Terkini Bateng Gelar Diklat Perhubungan dan Transportasi bersama Poltrada Bali

Bateng Gelar Diklat Perhubungan dan Transportasi bersama Poltrada Bali

27
0
SHARE
Bateng Gelar Diklat Perhubungan dan Transportasi bersama Poltrada Bali

Pangkalan Baru – Bertempat di Hotel Grand Vella, Pangkalan Baru, Bangka Tengah, pada Jumat (13/09/2019) pagi, sebanyak 120 peserta yang berasal dari masyarakat Bangka Tengah mengikuti pembukaan acara pendidikan dan pelatihan kompetensi dasar bagi pengemudi yang diselenggarakan oleh Politeknik Transportasi Darat (Poltrada) Bali. Diklat ini terdiri atas 3 konsentrasi yakni Diklat Petugas Pengatur Lalu Lintas Angkatan XLVIII, Diklat Pengemudi Angkutan Umum Angkatan III dan IV serta Diklat Pengemudi Bus Pariwisata Angkatan V. Diklat yang dilaksanakan pada 13 sampai 16 September 2019 ini, semua peserta disediakan tempat menginap dan dicukupi kebutuhan akomodasinya selama pelatihan.

Upacara pembukaan dihadiri langsung oleh Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM, selaku Inspektur Upacara. Setelah diucapkannya Janji Siswa oleh seluruh peserta, Bupati Bateng menyematkan tanda peserta dan topi secara simbolis yang menandakan bahwa diklat resmi dimulai. Selain itu, Bupati juga menyerahkan penghargaan kepada dua orang warga Bangka Tengah yang menjadi teladan dalam hal transportasi.

Dalam sambutannya, Ibnu Saleh menyampaikan bahwa diklat ini sangat berharga serta sarat ilmu, maka harus diikuti dengan sebaik-baiknya oleh peserta.

"Silakan diikuti dengan sebaik-baiknya. Ilmu yang didapat nantinya bisa diteruskan, disampaikan kepada saudara, tetangga dan masyarakat di lingkungan Bapak-bapak sehingga secara tidak langsung, kita sosialisasi kepada masyarakat," ujarnya.

Pada kesempatan itu, Ibnu Saleh juga menyatakan rasa terima kasihnya pada pihak Poltrada yang menyetujui penyelenggaraan diklat ini.

“Terima kasih Bapak Sugianto dan jajarannya yang telah mempercayakan diklat ini dilaksanakan kembali di Bangka Tengah. Saya harap semua bisa berjalan dengan baik dan bermanfaat untuk kita semua, ucap orang nomor satu di Bateng.

Perwakilan dari Poltrada, Sugianto, ATD., MM., yang menjabat Kabag Administrasi Akademik dan Ketarunaan juga menyampaikan laporannya terkait kurikulum yang digunakan.

"Diklat Petugas Pengatur Lalu Lintas sebanyak 40 Jam Pelajaran dan Pengemudi Angkutan Umum mendapat 50 Jam Pelajaran. Keduanya dilaksanakan selama 4 hari dengan metode teori dan praktik. Sedangkan untuk Diklat Pengemudi Bus Pariwisata mendapat 50 Jam Pelajaran, dilaksanakan selama 5 hari, termasuk teori dan praktik,jelas Sugianto.

Mengenai proposal pengadaan pelatihan, Sugianto yang ditemui seusai acara menjelaskan bahwa diklat terselenggara atas prakarsa Pemerintah melalui Kementerian Perhubungan dengan tujuan agar seluruh masyarakat mendapat pengetahuan yang layak tentang lalu lintas dan transportasi.

"Silakan bagi Pemerintah Daerah, dalam hal ini dinas yang mengurusi transportasi/perhubungan untuk mengajukan permintaan diklat pada kami (Poltrada-red), nanti kami yang akan memfasilitasi. Pemkab hanya memastikan sejumlah peserta sesuai kuota tersebut dapat diundang dan hadir," himbaunya.

Sugianto menjelaskan lebih rinci tujuan diklat yang dijabarkan dalam masing-masing konsentrasi berikut;

  1. Diklat Petugas Pengatur Lalu Lintas

Peserta dapat memahami manajemen lalu lintas, lalu lintas di ruas dan simpang, prosedur dan teknik pengaturan serta penanganan pertama pada kecelakaan.

  1. Diklat Pengemudi Angkutan Umum

Peserta memahami pengenalan kendaraan, disiplin berlalu lintas, keselamatan, kesehatan dan keamanan kerja, human factor, rambu, marka, dan tanggap darurat.

  1. Diklat Pengemudi Bus Pariwisata

Memahami Bahasa Inggris sebagai pengantar, tata cara, norma dan prosedur perusahaan, teknik mengemudi, serta keselamatan dan keamanan kerja.

Diklat ini rencananya mendatangkan narasumber dari Dirjen Perhubungan Darat, OPD Bangka Tengah (Disperkimhub, Polres, BPBD dan DLH), juga dari PT. Arthraya serta dosen-dosen dari Poltrada.Turut hadir pada upacara pembukaan ini para pejabat OPD Pemkab Bateng; Kepala Dinas Perumahan Pemukiman dan Perhubungan, Ari Yanuar Prihatin, ST., Sekretaris Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga, Erik Frisko, S.Pd.Ing., Kabag Humas, Riyandi, S.STP, Kabag Administrasi Pembangunan, Feri Prihatin Akbar, S.T., juga Kabid Perizinan Dinas Penanaman Modal, Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu dan Tenaga Kerja, Suryo Wicaksono, S.Sos. *(APJ/WEE/Foto: MRT)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah