Home Berita Terkini BPS dan Diskominfosta Kabupaten Bateng Gelar FGD Penyusunan PDRB

BPS dan Diskominfosta Kabupaten Bateng Gelar FGD Penyusunan PDRB

194
0
SHARE
BPS dan Diskominfosta Kabupaten Bateng Gelar FGD Penyusunan PDRB

KOBA - Focus Group Discussion (FGD) Penyusunan Domestik Regional Bruto (PDRB) yang digelar Badan Pusat  Statistik (BPS) dan Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik (Diskominsfosta) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) dibuka secara resmi oleh Bupati Bateng, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M., di Gedung Diklat BKPSDMD Bateng, Kamis (7/2/2020).

FGD penyusunan PDRB tersebut dihadiri oleh Sekda Bateng, Kepala BPS Provinsi Babel, Kepala BPS Bateng, Staf Ahli bidang Ekonomi dan Pembangunan serta para Kepala Organisasi Perangkat Daerah Bateng.

PDRB merupakan salah satu indikator penting untuk mengetahui perkembangan perekonomian di suatu daerah dalam suatu periode tertentu, baik atas dasar harga berlaku maupun atas dasar harga konstan.

Ibnu Saleh dalam sambutannya mengatakan, subtansi dari FGD ini dapat memberikan makna strategis dan memiliki arti penting dalam meningkatkan perencanaan pembangunan daerah  yang sejalan dengan visi Pemkab Bateng untuk mewujudkan Kabupaten Bateng unggul. Untuk itu, Ia berharap steakholder terkait untuk bersinergi dalam memaksimalkan perencanaan pembangunan berkelanjutan di Kabupaten Bangka Tengah.

"Diskusi-diskusi seperti ini harus kita tingkatkan, melalui data statistik secara umum yang kita peroleh bisa dijadikan evaluasi dan membuat  perencanaan lebih baik. Untuk mewujudkan hal itu, tentunya kita harus berkolaborasi,” ucap Ibnu.

Selain itu, berdasarkan data statistik yang diperoleh instansi terkait agar dapat memberikan perubahan secara umum. Hal ini bertujuan untuk membuat perubahan dan memberikan solusi untuk kepentingan perekonomian masyarakat. 

"Bukan angka-angka saja yang dicantumkan oleh statistik, tapi ada solusi yang diberikan Pemerintah Daerah. Data angka yang tertulis harus real kebenarannya di lapangan. Pemerintah Daerah harus memberikan solusi, selayaknya fungsi Pemerintah Daerah untuk membangun perencanaan yang lebih baik untuk menyejahterakan masyarakat," jelas Ibnu.* (IAN/WEE/Foto: MRT)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah