Home Daerah Bupati Bangka Tengah Bersama Poktan Citra Trubus Kembali Panen Cabai Merah

Bupati Bangka Tengah Bersama Poktan Citra Trubus Kembali Panen Cabai Merah

Poktan Citra Trubus Kembali Panen Cabai Merah

209
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Bersama Poktan Citra Trubus Kembali Panen Cabai Merah

Keterangan Gambar : Bupati Bangka Tengah Bersama Poktan Citra Trubus Kembali Panen Cabai Merah

KOBA – Kelompok Tani (Poktan) Citra Trubus kembali panen cabe merah di Dusun Nadi, Desa Perlang Kecamatan Lubuk Besar pada Rabu (23/1/2019) pagi. Kegiatan yang bertema “Panen Bersama Produk Hortikultura Bersama Dinas Pertanian Bangka Tengah Tahun 2019” turut dihadiri Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M, Perwakilan Kepala Bank Indonesia Prov Babel, Staf Ahli Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kab Bateng, Kepala Dinas Pertanian Prov Babel, Kepala Dinas Kab Bateng, Camat Lubuk Besar, Kades Perlang dan Trubus, Perwakilan Kelompok Tani Se-Bangka Tengah, Perwakilan PPL Se-Bangka Tengah.

Keberhasilan panen cabai merah oleh Poktan Citra Trubus terlihat dari meningkatnya kualitas dan jumlah produksinya, dalam hal ini Pemerintah Bangka Tengah akan semakin serius dalam membina kelompok-kelompok tani di seluruh wilayah Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M menjelaskan, jumlah cabai di Tahun sebelumnya mencapai 86,4%. Artinya, jumlah produksi yang dihasilkan oleh kelompok tani di Bangka Tengah hampir mencukupi. Bupati Ibnu optimis di Tahun 2019 jumlah produksi cabai akan meningkat, dan bisa dipasarkan di luar wilayah bangka Tengah.

“Di Tahun sebelumnya Bangka Tengah sudah mencukupi kebutuhan cabai. Mudah-mudahan Bangka Tengah sudah over produksi cabai, sehingga nantinya bisa menjual keluar daerah,” harap Bupati.

Selain itu, keberhasilan panen cabai merah yang diperoleh Poktan Citra Trubus diharapkan dapat dilakukan oleh Poktan lainnya.

”Kami harapkan teknologi cabai yang dikembangkan tersebut bukan di Kecamatan Lubuk Besar saja, namun Poktan lainnya diseluruh Bangka Tengah juga harus mengembangkannya,” ucap Bupati.

Pemerintah Provinsi Bangka Belitung (Babel) menetapkan bahwa Kabupaten Bangka Tengah saat ini menjadi pusat Hortikultura di Prov. Babel. Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah juga berkomitmen bahwa di Tahun 2019 akan menganggarkan lahan sebesar 27 hektar untuk cabai, dan 12 hektar untuk lahan bawang. Tentunya dalam hal ini, Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah sangat serius dalam upaya meningkatkan perekonomian melalui bertani. Untuk itu, Bupati Bangka Tengah menghimbau masyarakat di Bangka Tengah agar memanfaatkan lahan yang ada untuk bertani.