Home Berita Terkini Bupati Bangka Tengah Serahkan Bantuan Ternak Sapi dan Bibit Jeruk

Bupati Bangka Tengah Serahkan Bantuan Ternak Sapi dan Bibit Jeruk

59
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Serahkan Bantuan Ternak Sapi dan Bibit Jeruk

Koba - Berbagai upaya telah dilakukan dalam usaha peningkatan populasi ternak, terutama berbagai upaya yang berpengaruh langsung dalam peningkatan populasi ternak sapi yaitu pengadaan bibit ternak. Dalam hal ini Dinas Pertanian Kabupaten Bangka Tengah memberikan bantuan ternak berupa sapi dan bibit jeruk yang diserahkan langsung oleh Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM, kepada Kelompok Karya Tani (KKT) Desa Nibung pada Jumat, (11/10/2019).

Ibnu Saleh mengatakan peningkatan populasi ternak ini menjadikan Bangka Tengah sebagai Kabupaten dengan jumlah sapi terbanyak se-Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Prestasi ini tentu saja menjadikan Bangka Tengah (Bateng) semakin semangat untuk meningkatkan produksi sapi.

"Ahamdulillah, semakin meningkat minat masyarakat untuk memelihara sapi. Parameter minat ini ditandai dengan semakin bertambahnya daftar tunggu anggota di kelompok tani," jelasnya.

Sementara itu Kepala Desa Nibung, Roni Pahrizal, A.Md mengucapkan terima kasih kepada Bupati Bangka Tengah yang telah memberikan bantuan ternak berupa sapi dan bibit jeruk. Roni juga mengatakan KKT Desa Nibung lebih mengutamakan pemberdayaan dan pembinaan karena dengan demikian KKT di Desa Nibung bisa menjadi lebih produktif.

Adapun jumlah ternak yang disalurkan dari dana APBD Provinsi berjumlah 11 ekor ras Ongale dengan rincian 10 ekor sapi betina dan 1 ekor sapi jantan pemacek (pejantan alami-red), sedangkan dari dana ADD (Alokasi Dana Desa) Desa Nibung berjumlah 11 ekor ras Bali dengan rincian 10 ekor sapi betina dan 1 ekor sapi jantan pemacek. Kemudian untuk bantuan bibit jeruk melalui dana APBN Tahun Anggaran 2019 berupa bibit jeruk 10.000 batang untuk alokasi 25 hektar. Rincian pendistribusian bibit jeruk yaitu 6.000 batang untuk KKT Limao Kahade III serta 2000 batang untuk KKT Nibung Tani Hijau Desa Nibung.

Hadir dalam acara tersebut Staf Ahli Bidang Perekonomian Kabupaten Bateng Siti Aswati, S.Ag., M.Pd.I, Kepala Dinas Pangan Kabupaten Bateng, Sajidin, SE, M.Si, Kepala Dinas Perikanan Kab. Bangka Tengah, Dedy Muchdiyat, SP, Kadin Perkimhub, Ari Yanuar Prihatin ST, Kepala Dinsos-PMD Rizaldi, S.STP, Kasat Pol PP Kab. Bangka Tengah Mulyanto, AP, M.Si, Camat Koba, Ahmad Muslimin, SE, Kepala Desa Nibung Roni Pahrizal, A.Md, Lurah Simpang Perlang, Hartono S.IP, perwakilan Poktan Tani Hijau Desa Nibung, perwakilan Poktan Limao Kahade III, perwakilan Poktan Karya Tani Desa Guntung, perwakilan kelompok tani Maju Sejahtera Kel. Simpang Perlang, Perwakilan Kelompok Tani Titian Tani Kel. Padang Mulia, perwakilan kelompok tani Setia Menanti Desa Kulur Ilir, koordinator BPP, Dokter Hewan Kec. Koba, PPL Desa Terentang, PPL Desa Guntung dan PPL Desa Nibung.* (RIS/WEE/Foto:QRY)

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah