Home Berita Terkini Dekat dengan Masyarakat, Pemda Gelar Kegiatan Pelayanan Terpadu

Dekat dengan Masyarakat, Pemda Gelar Kegiatan Pelayanan Terpadu

122
0
SHARE
Dekat dengan Masyarakat, Pemda Gelar Kegiatan Pelayanan Terpadu

DESA MANGKOL – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan "Ayo Datang Pelayanan Terpadu” di Desa Mangkol Kecamatan Pangkalan Baru, Jumat (29/03/2019). Dalam acara tersebut Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M, membuka kegiatan pelayanan terpadu yang dihadiri oleh staf ahli, asisten, para kepala OPD, para kabag, Camat Pangkalan Baru, kepala desa, babinsa, babinkamtibmas serta masyarakat.
Dalam program ini Pemda menyediakan pelayanan publik untuk masyarakat berupa pembuatan Kartu Keluarga (KK), KTP, AKTA Lahir, Pelayanan Kesehatan Gratis, Pelayanan BPJS Mandiri, Layanan KB, perpustakaan keliling, bantuan social serta gelar UKM yang diadakan secara gratis. 
“Program ini dilaksanakan agar lebih dekat dengan masyarakat sehingga tidak perlu datang ke kabupaten," ujar bupati.
Menurut Ibnu, program terpadu ini merupakan bentuk pelayanan prima dari program Pemda Bangka Tengah yang bertujuan untuk mempercepat pelayanan agar dapat dimanfaatkan oleh masyarakat kecamatan, khususnya Desa Mangkol Kecamatan Pangkalan Baru.
Dalam kesempatan ini Kepala Dinas Dindukcapil, Drs. Julhasnan menyampaikan bahwa selain mendekatkan diri dengan masyarakat, Pemda ingin mencegah masyarakat agar tidak menggunakan jasa orang lain karena dikhawatirkan akan ada pungutan liar oleh para calo. Karenanya, Pemda telah menggratiskan seluruh pengurusan dokumen kependudukan seperti KTP eletronik dan seluruh jenis akta.
“Harapan saya kepada masyarakat untuk memanfaatkan setiap pelayanan terpadu yang dilaksanakan secara lintas oleh OPD yang dikoordinasikan langsung oleh bupati, diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi langsung mengurus ke operator capil di kecamatan. Perlu diketahui juga oleh masyarakat bahwa kegiatan ini sudah disosilisasikan baik di kesempatan pelayanan terpadu maupun sosialiasi di Masjid dalam rangka menyampaikan ke masyarakat secara gratis,” ujar Julhasnan.
Kepala Desa Mangkol, Sugiarto, merasa senang dengan adanya bantuan sosial yang diberikan secara gratis oleh Pemda berupa kursi roda kepada Ibu Marhamah yang telah mengalami kondisi lumpuh selama 1,5 tahun di akibat stroke.
“Kami sangat berterima kasih kepada Bapak Bupati Bateng karena telah membantu terlaksananya kegiatan pelayanan terpadu di desa kami, seluruh OPD serta masyarakat yang telah berpatisipasi. Kegiatan ini sangat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, dengan pelayanan yang baik maka semua kebutuhan masyarakat bisa disiapkan secara optimal, disamping kegiatan sosial,” jelasnya.

 

Sumber : DISKOMINFOSTA BANGKA TENGAH