Home Berita Instansi dan Kementerian Dinas Pangan dan TP-PKK Bateng Gelar Festival Pangan Lokal B2SA Tahun 2019

Dinas Pangan dan TP-PKK Bateng Gelar Festival Pangan Lokal B2SA Tahun 2019

197
0
SHARE
Dinas Pangan dan TP-PKK Bateng Gelar Festival Pangan Lokal B2SA Tahun 2019

KOBA -  Dinas Pangan bersama dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) menggelar festival pangan lokal B2SA (Beragam, Bergizi, Seimbang dan Aman) tingkat Kabupaten Bateng tahun 2019 bertempat di Aula Gedung Diklat, Rabu (10/07/2019).

Festival dilaksanakan untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan ibu rumah tangga dalam mengolah dan menyajikan makanan dengan memanfaatkan sumber pangan di sekitar kita sesuai dengan kebiasaan dan sosial budaya setempat. Pemenuhan gizi anak yang cukup dan tepat secara tidak langsung akan menurunkan resiko balita kurang gizi.

Ketua TP-PKK Bangka Tengah, Iriani Melita, BSc. dalam sambutannya mengatakan bahwa pemenuhan pangan sangat penting sebagai komponen dasar dalam mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas.  Setidaknya manusia membutuhkan 45 jenis zat gizi yang harus diperoleh dari makanan yang dikonsumsi yakni dalam cakupan yang cukup, tidak berlebihan ataupun kekurangan, untuk mencapai kesehatan yang prima dan  produktif.

"Sangat penting bagi kita untuk mengkonsumsi makanan sehari-hari yang beranekaragam. Dengan demikian kekurangan zat gizi jenis tertentu akan dapat dilengkapi oleh keunggulan manfaat zat gizi dari jenis makanan lain sehingga diperoleh asupan zat gizi yang seimbang," ujar Iriani.

"Harapannya kegiatan ini dapat memberikan nilai ekonomis dan nilai tambah, baik dalam pengolahan maupun pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan." lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pangan Bangka Tengah, Sajidin, SE, M.Si menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada peserta festival pangan lokal B2SA.

"Terima kasih untuk TP-PKK kecamatan-kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah yang telah hadir disini.  Selamat mengikuti lomba cipta menu semoga dapat menambah wawasan dan kedepannya dapat memberi informasi kepada masyarakat." tutur Sajidin.

Lebih lanjut dikatakannya, kegiatan festival diikuti oleh TP-PKK Kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka Tengah yakni sebanyak 6 (enam) kecamatan.  Lomba dibagi menjadi 2 (dua) kategori, yakni paket lunch box dan produk pangan olahan komersial.

"Untuk dewan juri yang ditunjuk berasal dari Dinas Pangan Provinsi, Dinas Pangan Bangka Tengah, TP-PKK Bangka Tengah,  RSUD Bangka Tengah dan Chef Soll Marina sehingga tim juri ini berjumlah sebanyak 5 (lima) orang," ungkapnya.

Sajidin menambahkan, yang memenangkan lomba tingkat kabupaten hari ini akan diikutsertakan ke tingkat yang lebih tinggi yakni tingkat provinsi.

Di akhir perlombaan, Kecamatan Koba keluar sebagai juara pertama, disusul Kecamatan Pangkalan Baru sebagai juara kedua, dan juara ketiga Kecamatan Namang.  Sedangkan untuk harapan I, II dan III masing-masing Kecamatan Lubuk Besar, Kecamatan Sungai Selan dan Kecamatan Simpang Katis.  Pemenang selain mendapatkan piala juga piagam penghargaan dan uang pembinaan.

Kegiatan lomba B2SA ini dihadiri pula oleh perwakilan Dinas Pangan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, para Kepala OPD atau perwakilannya, Camat Pangkalan Baru, dewan juri dan peserta lomba perwakilan TP-PKK kecamatan se Kabupaten Bangka Tengah. (KRN/APJ/Foto:RDT)

 

Sumber  Diskominfosta Bateng