Home Daerah DKPPP Bangka Tengah Gelar Kegiatan Temu Karya Petani

DKPPP Bangka Tengah Gelar Kegiatan Temu Karya Petani

Kegiatan Temu Karya Petani

173
0
SHARE
DKPPP Bangka Tengah Gelar Kegiatan Temu Karya Petani

Keterangan Gambar : Kegiatan Temu Karya Petani

KOBA - Dinas Ketahanan Pangan dan Pelaksana Penyuluh (DKPPP) Kabupaten Bangka Tengah menggelar kegiatan Temu Karya Petani, pada Rabu (5/9/2018). Kegiatan yang bertajuk “Melalui Karya Petani Kita Ciptakan Inovasi-inovasi Teknologi Pertanian Spesifik Lokal Menuju Petani Sejahtera dan Unggul” ini merupakan ajang untuk saling bertukar ilmu, informasi, dan pengalaman dalam rangka untuk mengembangkan pertanian menuju arah yang lebih baik. Peserta pada ajang tersebut merupakan perwakilan dari enam kecamatan di Kabupaten Bangka Tengah dan dibagikan dengan diskusi.

Kepala Dinas Pangan, Saijidin yang didampingi Juliah Kabid SDM Kelembagaan dan Penyuluhan, menjelaskan kegiatan temu karya petani di dalamnya ada unjuk karya, unjuk tangkas dan asa terampil. Ini merupakan kreatifitas yang kompetitif yang menghasilkan teknologi kreatif yang akan diikutsertakan pada tingkat Provinsi.

“Kegiatan-kegiatan ini diharapkan dapat menciptakan petani yang unggul dan dapat menciptakan inovasi dalam bidang pertanian,” katanya.

Saijidin mengakui sektor pertanian di daerah yang sudah dimulai dalam beberapa tahun terakhir dan bisa menjadi yang terbaik untuk meningkatkan ekonomi masyarakat. Sektor pertanian akan lebih maju jika para petani mampu mengembangkan teknologi terbaru dan berkelanjutan dalam mendalami ilmu pertanian dari para penyuluh.

Sementara Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh mengatakan, kegiatan Temu Karya merupakan salah satu metode dalam mengembangkan teknologi pertanian dengan menggunakan berbagai metode yang berbeda-beda. Dapat saling tukar menukar informasi, inovasi, dan teknologi dalam karya-karya hasil tan . Ia berharap para penyuluh dapat membuat inovasi yang lebih baik kedepannya untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat, khususnya masyakat Bangka Tengah.

“Inovasi yang disampaikan kepada masyarakat agar bisa menghasilkan biaya produksi dan meningkatkan produksi nantinya,” ucap Ibnu.

Selain itu, Ibnu berharap kegiatan Temu.... Para pekerja yang bekerja di bidang pertanian sebagai wahana aktualisasi dari prestasi yang telah dicapai. Menurutnya, kebebasan dan pembinaan dari pemerintah sangat diperlukan untuk meningkatkan kualitas dan motivasi untuk tetap berprestasi dalam mengembangkan karya-karya pertanian bagi petani, penyuluh, dan juga kelembagaan ekonomi petani lainnya.

“Salah satu cara meningkatkan pendapatkan petani yaitu dengan cara meningkatkaan aktivitas komoditi, seperti petani karet, kelapa sawit, dan lada,” jelas Ibnu.

Acara tersebut diakhiri dengan pembagian hadiah dalam ajang Temu Karya Petani oleh Bupati Bangka Tengah.