Home Berita Terkini LPPTKA-BKPRMI Khataman 30 Santri di Nurul Hikmah Arung Dalam

LPPTKA-BKPRMI Khataman 30 Santri di Nurul Hikmah Arung Dalam

348
0
SHARE
LPPTKA-BKPRMI Khataman 30 Santri di Nurul Hikmah Arung Dalam

Koba - Pengurus Taman Kanak-kanak/ Taman Pendidikan Al-Qur'an (TK/TPA) Kelurahan Arung Dalam, Kecamatan Koba, Kabupaten Bangka Tengah, menggelar Khataman Al-Qur'an untuk santriwan-santriwati Unit 014 Nurul Hikmah di Masjid Baitul Hikmah Arung Dalam, Minggu (31/03/2019) pagi. Acara tahunan ini adalah kali ke-18 diselenggarakan di bawah naungan  Lembaga Pembinaan dan Pengembangan TK Al-Qur'an dari Badan Komunikasi Pemuda  Remaja Masjid Indonesia (LPPTKA-BKPRMI) Bangka Tengah.

Bupati Bangka Tengah pada  kesempatan ini diwakili oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, ibu Hj. Kartina, SH, M.Si, dalam sambutannya mengungkapkan rasa senang dan syukurnya  atas pelaksanaan kegiatan ini. Ucapan terima kasih pun ia sampaikan kepada semua pihak sehingga anak-anak bisa mengkhatamkan Al-Qur'an. "Terima kasih terutama kepada tenaga pendidik, karena tanpa kita sadari dari merekalah sehingga anak kita bisa membaca Al-Qur'an dan bisa mengkhatamkan Al-Qur'an sehingga terbebas dari buta aksara Al-Qur'an," ungkapnya.

Mengingat pentingnya peran bidang keagamaan dalam masyarakat, sebagai bentuk dukungan Bupati Bangka Tengah dalam bidang keagamaan, pemerintah sudah membuat kebijakan yakni mengalokasikan 2,5% dari dana Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa/Kelurahan (APBDes)  untuk menunjang pelaksanaan kegiatan semacam ini  di masyarakat. "Ini mungkin belum begitu besar jumlahnya, ke depan semoga bisa ditingkatkan sehingga bisa bermanfaat bagi masyarakat," ujar Kartina.

Lebih lanjut Kartina menegaskan, Al-Qur'an tidak hanya sebatas membaca saja, tapi perlu juga untuk mengerti arti dan memahami makna isi Al-Qur'an itu sendiri sehingga bisa mengamalkan nilai yang terkandung dalam Al-Qur'an dalam kehidupan sehari-hari. "Untuk itu, peran orang tua pun sangat dibutuhkan dalam membantu anak-anak memahami Al-Qur'an sebagai benteng diri (karena) dewasa ini semakin tergerus nilai-nilai norma dalam masyarakat apalagi anak menginjak usia remaja. Jaga anak kita."

Pada kesempatan yang sama, Abdul Wahid selaku Ketua Pelaksana berharap dengan khataman ini tercipta generasi-generasi yang berakhlaqul karimah. Acara yang menurut panitia terasa lebih  meriah dan ramai dibanding tahun sebelumnya ini juga dihadiri Ketua umum BKPRMI Bangka Tengah, Kasi Penyelenggara Syariah Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, Lurah Arung Dalam, tokoh agama, tokoh masyarakat, santriwan-santriwati dan masyarakat setempat.

Acara diakhiri dengan penyerahan sertifikat oleh Ketua Umum BKPRMI Bangka Tengah kepada 30 santriwan-santriwati yang dikhatam pada hari itu lalu  dilanjutkan tausiah.* (KR/KD/Foto:KR)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah