Home Berita Instansi dan Kementerian Pemkab Bateng Gelar Pelatihan Tata Kelola Wisata

Pemkab Bateng Gelar Pelatihan Tata Kelola Wisata

146
0
SHARE
Pemkab Bateng Gelar Pelatihan Tata Kelola Wisata

Pangkalan Baru - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga (Disparbudpora) Bateng menggelar pelatihan tata kelola pariwisata di Hotel Soll Marina, Selasa (18/6/2019).

Tujuan diadakannya kegiatan ini adalah sebagai upaya Pemkab Bateng dalam mengembangkan potensi wisata di Kabupaten Bateng. Pelatihan dilakukan selama 4 hari dimulai pada tanggal 18 hingga 21 Juni 2019. Sebanyak 40 peserta mengikuti pelatihan tersebut yakni sebagai pelaku atau penggiat pariwisata di Kabupaten Bateng.

Bupati Bateng, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M dalam sambutannya sangat mendukung dan mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan pelatihan tersebut. Pasalnya, melalui potensi pariwisata dan budaya daerah tentunya menjadi salah satu faktor yang dapat meningkatkan minat wisatawan untuk berkunjung ke Kabupaten Bateng.

"Potensi dan keunggulan destinasi wisata di Kabupaten Bangka Tengah sangat penting untuk dipromosikan dan dikembangkan," ucap Ibnu.

Dijelaskannya, potensi wisata di Bateng sangat memungkinkan untuk dikelola lebih lanjut dan dapat juga digunakan sebagai sarana dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Sebagai pelaku wisata, Ia berharap setelah kegiatan ini nantinya agar dapat berinovasi guna membangun dan meningkatkan keunggulan potensi wisata di Bateng.

"Untuk dapat meningkatkan ketertarikan wisatawan dan persaingan destinasi pariwisata dibutuhkan adanya sumber daya manusia yang profesional," jelasnya.

Selain itu, Ibnu juga mengharapkan sinergi semua pihak secara bersama-sama baik pemerintah daerah, masyarakat maupun pihak swasta untuk membangun dan mengembangkan pariwisata sehingga Kabupaten Bateng semakin unggul.

Selain Bupati Bateng, hadir sebagai narasumber dalam kegiatan tersebut Sapto Iswoyo dan Saptoyo. Sapto Iswoyo merupakan pengelola Biro Perjalanan Wisata Tips and Treat, seorang penggiat pariwisata yang sudah malang melintang di dunia pariwisata nasional. Sedangkan Saptoyo, Ia merupakan seorang penggiat ekowisata, peraih penghargaan Kalpataru dan Nominator Kick Andy Heroes yang berasal dari Malang, Provinsi Jawa Timur.* (IAN-RIS/WEE/Foto:IAN)

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah