Home Berita Terkini Pemkab Bateng Serahkan 152 Pasang Buku Nikah Hasil Itsbat

Pemkab Bateng Serahkan 152 Pasang Buku Nikah Hasil Itsbat

115
0
SHARE
Pemkab Bateng Serahkan 152 Pasang Buku Nikah Hasil Itsbat

KOBA - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka Tengah (Bateng) melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) Bateng serahkan 152 buku nikah hasil itsbat di Gedung Serba Guna Selawang Segantang Koba, Kamis (09/07/2020).

Kegiatan tersebut merupakan tindak lanjut dari kerjasama antara Kementerian Agama Kabupaten Bangka Tengah, Dindukcapil, dan Pengadilan Agama Sungailiat terkait pelayanan Itsbat Nikah Terpadu Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2020.

Bupati Bateng, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., dalam sambutannya mengatakan, tujuan pelaksanaan itsbat nikah terpadu ini dilakukan untuk mewujudkan tertib adminitrasi sehingga data kependudukan yang berlaku diakui negara dan dilindungi oleh hukum.

"Secara adminitrasi kependudukan itu dilakukan guna memberikan perlindungan dan pengakuan terhadap penentuan status pribadi dan status hukum atas suatu  peristiwa kependudukan yang bersifat penting. Terutama status pernikahan dengan putusan  pengadilan agama,  tertibnya buku nikah dan akta kelahiran anak atas pernikahan tersebut, " ucap Ibnu dalam sambutannya.

Selain itu, dijelaskannya bahwa pelaksanaan nikah itsbat terpadu ini merupakan salah satu komitmen pemerintah untuk tetap bekerja sebagaimana fungsinya dalam melayani masyarakat secara umumnya untuk sebaik mungkin.

"Pelaksanaan nikah itsbat terpadu ini merupakan salah satu bentuk kepedulian Pemerintah Bangka Tengah terhadap masyarakat agar memiliki dokumen kependudukan yang harus dan wajib dimiliki oleh setiap penduduk, " tegas Ibnu.

Secara simbolis penyerahan buku nikah tersebut diserahkan langsung oleh Bupati Bateng yang didampingi Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H. Subuki, S.H., MH, Ketua Pengadilan Agama Sungailiat, Drs. H. Azkar,  S.H, Kakanwil Kemenag Provinsi Babel, Forkompimda Bangka Tengah, Kepala Kemenag Bateng dan diikuti para Astisten dan Staf Ahli Bateng, Kepala Dindukcapil Se-Provinsi Babel, para Kepala OPD, Camat Se-Bateng, Lurah serta Kades Se-Bangka Tengah.* (IAN/WEE/Foto: FEK)

 

 

Sumber : Diskominfosta Bangka Tengah