Home Berita Terkini Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-23 Tingkat Kabupaten Bangka Tengah

Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-23 Tingkat Kabupaten Bangka Tengah

108
0
SHARE
Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional ke-23 Tingkat Kabupaten Bangka Tengah

Koba - Memperingati Hari Lanjut Usia Nasional ke-23, bertempat di Gedung Serba Guna (GSG) Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Komisi Daerah Lanjut Usia (Komda Lansia) Kabupaten Bangka Tengah (Bateng) mengelar kegiatan puncak Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) sebagai wujud perhatian dan kasih sayang kepada para Lansia yang berada di Kabupaten Bangka Tengah. Adapun Tema yang di angkat kali ini yakni "Lanjut Usia Mandiri, Sejahtera, dan Bermartabat" pada Selasa, (10/09/2019).

Ketua Pelaksana Komisi Daerah Lansia (Komda Lansia) sekaligus mewakili Dinas Sosial (Dinsos) Kabupaten Bangka Tengah, drg. Muhammad Anas Ma'ruf menyampaikan data yang telah diterbitkan oleh Dinsos Bateng, jumlah Lansia yang telah menerima bantuan yang disalurkan oleh Pemkab Bateng pada tahun 2019 sebanyak 600 lansia. Ia juga menyampaikan kegiatan ini sengaja dilakukan sebagai penghormatan dan penghargaan kepada lansia serta sebagai sarana untuk menambah wawasan bagi lansia di Bangka Tengah.

"Dengan adanya kegiatan ini semoga masyarakat Bangka Tengah dapat meningkatkan kesadaran hidup tak hanya lansia namun kepada pra lansia untuk selalu menjaga kesehatan serta berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan lanjut usia,” kata Anas.

Sementara itu Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM dalam sambutannya mengatakan upaya perlindungan dan pemenuhan hak kaum lansia harus berkesinambungan dan mendapat perhatian seluruh lapisan masyarakat. Sangat ironis bila gerakan menyejahterakan para lansia hanya bersifat kontemporer dan seremonial.

"Kita berharap semoga dengan berbagai kegiatan yang akan dilakukan baik sebelum dan sesudah hari ini, dapat memberikan dampak positif bagi kesejahteraan sosial dan kesehatan. Termasuk psikologis para lansia semakin meningkat sehingga lansia dapat mematangkan kesiapannya menghadapi hari-hari senja penuh percaya diri," kata Ibnu.

Bupati Bangka Tengah juga menyatakan usia harapan hidup para lansia di Kabupaten Bangka Tengah saat ini telah mencapai angka 72 hingga 73 tahun, di mana di tahun-tahun sebelumnya harapan hidup lansia di Bangka Tengah di angka 69  hingga 70 tahun.

Di akhir acara Ibnu juga melakukan Pengukuhan Badan Wakaf Indonesia perwakilan Kabupaten Bangka Tengah, kemudian menyerahkan secara simbolis pemberian Santunan Jaminan Sosial bagi lanjut usia dan pemberian paket sembako dari Baznas Kabupaten Bangka Tengah.* (RIS/WEE/Foto: QRY)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber : Diskominfosta Bateng