Home Berita Terkini Tingkatkan Kompetensi, DKP Bangka Tengah Gelar Bimtek Kearsipan untuk Pengelola Arsip Sekolah 2020

Tingkatkan Kompetensi, DKP Bangka Tengah Gelar Bimtek Kearsipan untuk Pengelola Arsip Sekolah 2020

237
0
SHARE
Tingkatkan Kompetensi, DKP Bangka Tengah Gelar Bimtek Kearsipan untuk Pengelola Arsip Sekolah 2020

Pangkalan Baru - Bertempat di Hotel Grand Vella, Pangkalan Baru, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (DKP) Kabupaten Bangka Tengah menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Kearsipan untuk Pengelola Arsip Sekolah di Bangka Tengah. Acara yang berlangsung 2 hari sejak Selasa (18/02/2020) hingga Rabu (19/02/2020) ini bertujuan memperkuat kompetensi pengelola arsip sekolah sekaligus mendukung peran arsip sebagai informasi autentik dan terpercaya. Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM., didampingi Kepala DKP, Budi Utama, S.STP, M.Si, menutup acara diikuti penyerahan sertifikat secara simbolis kepada para peserta.

Ibnu Saleh dalam sambutannya menyampaikan bahwa pengelolaan arsip yang tertib mencerminkan pemerintahan yang profesional, bersih, dan berwibawa.

“Jadi bapak ibu harus ketahui, peran para pengelola arsip dengan berbagai dokumen menjadi sangat penting. Sebab, semua data yang menyangkut potensi wilayah, sumber daya manusia, anggaran, serta rencana dan capaian pembangunan dan lain-lain harus tersimpan rapi sebagai arsip,” terangnya

Lebih lanjut, Bupati Bangka Tengah menyebut bimtek ini sebagai bentuk kepedulian Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, yakni bertanggungjawab untuk melaksanakan pembinaan dan pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM).

“Dengan adanya jabatan pengelola arsip di sekolah, arsip sekolah dapat dikelola dengan baik, arsip menjadi rapih dan mudah untuk ditemukan kembali. Untuk itu, diperlukan kesadaran bersama, bahwa arsip sangat penting dan kerap dibutuhkan dengan cepat untuk berbagai keperluan.” Imbuhnya.

Dalam laporannya, Budi Utama menyebutkan bahwa peserta bimtek sejumlah 64 orang perwakilan dari SD dan SMP di 6 kecamatan yang ada di Bangka Tengah.

“Untuk pengelola arsip sekolah khususnya SD dan SMP memang belum tersentuh, jadi Alhamdulillah untuk tahun ini 64 orang, nanti tahun depan akan diadakan kembali. Kami sudah laksanakan bimtek dalam 2 hari ini dan Alhamdulillah materi lengkap (mulai dari penerimaan arsip-red) hingga ke retensi (jangka waktu penyimpanan-red) arsip.”

Budi memaparkan juga bahwa narasumber bimtek ini dihadirkan langsung dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI), yakni Drs. Gunawan dari perwakilan Subdirektorat II B dan Aan Abdurrachman, SS., M.Hum., selaku Arsiparis Madya. Selain itu tata kelola arsip dipandu oleh Emi Danita, S.Sos dalam praktek langsung bersama dengan tim DKP. Materi yang diberikan selama 2 hari diantaranya, Pengelolaan Arsip Dinamis, Pemberkasan Arsip Aktif dan Inaktif, Alur Pemberkasan Arsip Aktif dan Inaktif beserta Kode Klasifikasi, serta sosialisasi Tata Naskah Dinas terbaru.* (APJ/WKN/Foto:APJ-HumasBateng)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah