Home Berita Terkini BPPKBPA: PPKS Wadah Membentuk Keluarga Produktif

BPPKBPA: PPKS Wadah Membentuk Keluarga Produktif

37
0
SHARE
BPPKBPA: PPKS Wadah Membentuk Keluarga Produktif

Koba,  - Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan Keluarga Berencana dan Perlindungan Anak (BPPKBPA) Kabupaten Bangka Tengah, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, dr Dede Linda mengatakan, Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS) mampu menjadi wadah untuk membentuk keluarga yang produktif.

"PPKS tidak hanya melakukan bimbingan konseling terhadap keluarga harapan, tetapi juga wadah untuk membentuk keluarga produktif," katanya di Koba, Sabtu, (14/09/2019)

Ia menjelaskan, PPKS merupakan ujung tombak BKKBN RI dalam menjalankan program di bidang Kependudukan Pelayanan KB dan Pembangunan Keluarga (KPKBK).

"PPKS di Bangka Tengah sudah mulai kami bentuk sejak 2012 dan sudah berjalan sesuai fungsinya, bahkan terus berinovasi yang tidak hanya wadah konseling tetapi menjadi tempat pelatihan keterampilan bagi keluarga sejahtera," ujarnya.

Ia mencontohkan, di PPKS dibuka pelayanan pelatihan keterampilan menjahit dan sejumlah keterampilan lainnya.

"Tentu saja tujuan kami tidak hanya menyelesaikan masalah psikologis keluarga, tetapi membekali mereka dengan keterampilan untuk bisa berdikari sehingga terbentuk keluarga yang produktif dan sejahtera," ujarnya.

Ia juga mengatakan, PPKS Harmonis Desa Penyak menjadi percontohan dan bahkan menjadi PPKS terbaik tingkat provinsi.

"Keberadaan PPKS Harmonis Desa Penyak mampu menjadi tempat pelayanan konseling keluarga terpadu, mulai aspek pengasuhan dan pendidikan anak usia dini, aspek keluarga berencana dan kesehatan reproduksi, aspek sosial, seperti konseling pra nikah dan aspek ekonomi yakni bimbingan teknologi," ujarnya.

 

Sumber : Antara News