Home Daerah Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M Buka Bursa Inovasi Desa

Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M Buka Bursa Inovasi Desa

Pembukaan Bursa Inovasi Desa

135
0
SHARE
Bupati Bangka Tengah Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, M.M Buka Bursa Inovasi Desa

Keterangan Gambar : Pembukaan Bursa Inovasi Desa di Desa Simpang Katis

SIMPANG KATIS – Bursa Inovasi Desa Kabupaten Bangka Tengah Tahun 2018 secara resmi dibuka oleh Bupati Bangka Tengah, Dr. Ir. H. Ibnu Saleh, MM pada Kamis (13/9/2018) pagi. Acara yang bertempat di Gedung Pertemuan Kecamatan Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tengah itu dihadiri oleh Perwakilan DPRD Kabupaten Bangka Tengah, Kepala DMPD Provinsi Bangka Belitung, Staf Ahli di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah, Kepala OPD di Lingkungan Pemerintah KabupatenBangka Tengah, Kades, BPD, serta Perwakilan Tokoh Masyarakat se-Bangka Tengah.

Program Bursa Inovasi Desa merupakan salah satu upaya Kementrian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia dalam mempercepat penanggulangan kemiskinan di Desa melalui pemanfaatan dana Desa secara lebih berkualitas dan strategis baik dalam bidang pengembangan ekonomi lokal dan kewirausahaan, pengembangan sumber daya manusia, maupun infrastruktur Desa.

Bupati Bangka Tengah, Ibnu Saleh dalam sambutannya menghimbau agar masyarakat terus mengembangkan daerah dengan cara terus terlibat dalam proses pembangunan sejak awal yaitu tahap perencanaan dan pelaksanaan hingga evaluasi. Selain itu, program Bursa Inovasi Desa ini diharapkan mampu memicu munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan yang merupakan salah satu bentuk dukungan kepada Desa agar lebih efektif dalam menyusun penggunaan dana Desa sebagai investasi dalam peningkatan produktivitas dan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Bangka Tengah.

“Inovasi didasarkan kreativitas, jadi penggabungan dari pengalaman, pengetahuan dan keterampilan membuat inovasi yang bermanfaat bagi masyarakat dalam mengembangkannya untuk meningkatkan pendapatan serta produksi yang meningkat,” kata Ibnu.

Ibnu melanjutkan, kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan. Ia yakin kegiatan ini nantinya akan menghasilkan inovasi-inovasi yang unggul di Bangka Tengah dalam rangka menjadikan Desa yang sejahtera.

Selain itu, Budi Utama selaku Kepala Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa mengatakan, “tujuan program Bursa Inovasi Desa yaitu sebagai upaya mendorong dan meningkatkan kualitas pemanfaatan dana Desa dengan memberikan rujukan inovasi penggunaan dalam membangun ekonomi lokal dan kewirausahaan SDM dan infrastruktur Desa. Melalui program Inovasi Desa diharapkan mampu memilih munculnya inovasi dan pertukaran pengetahuan yang berlandaskan ekonomi kerakyatan”, jelas Budi.