Pantai Tanjung Berikat

Posted in Wisata

Untaian pasir putih yang menghampar dan bebatuan disepanjang pantai berlaut biru nan jernih tentu akan menghangatkan pandangan mata kita. Apalagi air laut tersebut jernih hingga tembus kedasarnya. Sekali-kali tampak pula ikan kecil berenang di antara batu – batu tersebut.

Panorama pantai yang indah dan menawan tersebut banyak kita saksikan di sepanjang pulau Bangka. Seperti Pantai Tanjung berikat di Desa Batu Beriga Kabupaten Bangka Tengah - Bangka Belitung (foto). Lokasi yang berjarak sekitar 1-2 km dari desa batu beriga atau 1 jam dari Koba dan 2 jam dari Kota Pangkalpinang, sering menjadi salah satu tempat tujuan wisata.

Desa Batu Beriga mempunyai potensi wisata pantai yang sangat besar untuk dikembangkan. Ditambah dengan adanya upacara adat pantai, yaitu taber laut (sedekah laut) atau rebo kasan bagi orang bangka.

Taber Laut merupakan upaya perwujudan syukur masyarakat yang pada umumnya nelayan atas dilimpahi hasil laut yang didapat dan dan dilaksanakan setiap tahun. Adat tersebut pada dasarnya hampir sama dengan dibeberapa daerah lain di Indonesia.

Rincian perjalanan untuk dapat berkunjung ke tempat wisata ini adalah sebagai berikut :

  1. Dari Bandara Depati Amir, pengunjung dapat menggunakan taxi dari bandara atau transportasi umum menuju ke Kota Koba dengan jarak tempuh sekitar 60KM. Jika menggunakan transportasi umum, lama perjalanan sekitar 50 menit dengan biaya sekitar Rp. 25.000 (dua puluh lima ribu rupiah).
  2. Dari Kota Koba, pengunjung dapat menyewa mobil di beberapa tempat penyewaan mobil di Kota Koba untuk diantarkan ke Pantai Tanjung Berikat. Sarana Transportasi umum belum ada ke tempat wisata ini, sehingga pantai Tanjung Berikat masih terjaga keasriannya.
  3. Selama perjalanan menuju Pantai Tanjung Berikat, pengunjung dapat singgah di Pantai Batu Beriga di Desa Batu Beriga. Pantai Batu Beriga tidak kalah cantik dibandingkan dengan Pantai Tanjung Berikat. Pengunjug dapat membeli konsumsi di Desa Batu Beriga, karena di dusun tanjung berikat tidak seramai di desa batu beriga penduduknya sehingga barang barang keperluan masih agak sulit untuk didapat. Di Pantai Batu beriga juga pengunjung dapat membeli ikan ke nelayan setempat. Ikan yang masih segar dapat menjadi menu santap siang yang mantap sambil bersantai di Pantai Batu Beriga dan Pantai Tanjung Berikat.